Kamis, 10 Mei 2012

GEDUNG GRAHADI SURABAYA

Gedung Grahadi di Surabaya merupakan tempat wisata bangunan tua peninggalan kolonial yang telah berusia lebih dari 200 tahun, yang sampai saat itu masih tetap terlihat anggun dan terpelihara dengan baik. Lokasi Gedung Grahadi berada di Jl. Gubernur Suryo No. 7, Surabaya, berhadapan dengan Monumen Suryo yang telah sempat saya kunjungi beberapa waktu sebelumnya.
Gedung Grahadi, yang juga disebut Gedung Negara Grahadi, merupakan bangunan 2 lantai dengan gedung utama seluas 2.016 m2 dan bangunan penunjang seluas 4.126 m2, yang didirikan di atas tanah dengan luas lebih dari 1,6 ha.

gedung grahadiGedung Grahadi yang cantik dengan empat pilar penyangga balkon depan dan delapan pilar di teras selasarnya. Pagar beton berkisi di bagian atas balkon pada bangunan aslinya telah digantikan dengan dinding tembok dihias relief di sepanjang permukaannya yang menggambarkan perjuangan rakyat Surabaya semasa revolusi kemerdekaan.
gedung grahadiGedung Grahadi dengan satu dari dua buah meriam yang diletakkan di halaman depan gedung yang terlihat masih terawat baik, sementara dua orang pekerja kebersihan tengah menjalankan tugasnya.
gedung grahadiGedung Grahadi pada teras depan yang diisi dengan beberapa set meja dan kursi antik, dihias dengan lampu-lampu gantung yang menjadi penerang di malam hari, dan pilar-pilar dengan ornamen keemasan.
Tiga pasang pintu jati tinggi berdaun ganda tampak diapit oleh jendela-jendela kaca bening yang memberi kesan mewah dan berwibawa. Sayang saya tidak berkesempatan untuk masuk ke dalam ruangan, namun kabarnya kayu jati tua tebal juga dipergunakan pada lantai di tingkat dasar dan lantai atas, serta pada tangga menuju lantai atas yang seluruhnya masih asli.

gedung grahadiGedung Grahadi dengan sepasang rumah-rumahan kecil terbuat dari kayu jati berukir indah yang biasa digunakan sebagai tempat menyimpan ayam bekisar atau unggas jenis lainnya.
gedung grahadiGedung Grahadi pada lorong teras depan dengan marmer gilap pada lantai, kursi-kursi lengkung, serta pilar-pilar beton yang berjajar rapi.
gedung grahadiGedung Grahadi pada arah pandang ke halaman depan dengan lampu gantung mengular di langit-langit, pilar-pilar simetris, sepasang sangkar di sela pilar depan, sepasang meriam di sisi luar, serta sebuah tiang bendara pada pusat pandang.
gedung grahadiGedung Grahadi dengan sebuah tengara pada dinding depan yang menyebutkan bahwa Gedung Grahadi (Gouverneur Wooning) didirikan pada 1796 oleh Dirk Van Hogendorp, gezaghebber (penguasa) VOC di Surabaya waktu itu, dan kemudian dijual kepada Pemerintah Hindia Belanda.
Sebelum tahun 1802, Gedung Grahadi menghadap ke Kalimas atau ke arah Utara, sehingga penghuninya bisa melihat perahu hilir mudik sambil minum teh ketika matahari mulai turun di sore hari. Halaman bagian belakang merupakan tuinhuis (rumah musim panas jika di Eropa).
Pada masa Jepang Gedung Grahadi digunakan sebagai kediaman Syuuchokan Kaka (Residen). Setelah Proklamasi menjadi kediaman resmi Gubernur Propinsi Jawa Timur pertama, yaitu Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo.
gedung grahadiGedung Grahadi dengan ornamen relief perjuangan semasa revolusi kemerdekaan yang menghias dinding bagian luar balkon dan selasar.
gedung grahadiGedung Grahadi dengan deretan pohon palm tinggi serta halaman rumput hijau segar yang dipotong rapi, menciptakan pemandangan yang asri.
gedung grahadiGedung Grahadi ketika para pejalan berhenti sejenak di tepi jalan dan di jalur pedestrian di luar pagar halaman gedung, untuk melihat sekelompok anak dengan pakaian warna-warni tengah menari di halaman. Foto ini diambil pada sore hari ketika melintas di depan gedung, sedangkan foto-foto sebelumnya diambil pada pagi hari.
Gedung Grahadi juga memiliki kamar sekelas hotel bintang-5 yang pernah digunakan untuk menginap Presiden SBY, dan Wapres Budiono pada kesempatan yang berbeda. Selain untuk menginap tamu penting, Gedung Grahadi yang tidak lagi digunakan sebagai tempat tinggal gubernur itu kini digunakan sebagai tempat resepsi serta tempat pertemuan.

Gedung Grahadi

Jl Gubernur Suryo No. 7
Surabaya


Tambahan: bila ada yg ingin mendownload game-game hd android bisa mampir di blog saya satunya yg beralamat di www.androgame21.blogspot.com



SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar