Kamis, 10 Mei 2012

SURABAYA TOWN SQUARE (SUTOS)

Introduce you Mall paling gress di ibukota Jawa Timur, Surabaya Town Square a.k.a Sutos ! Mungkin orang Surabaya sendiri ga banyak yg tau karena bisa dibilang Sutos merupakan mall paling PeDe (kayak simpati PeDe ). Kenapa gitu ? Bisa dibilang gak ada promosi yang gebyar dari Sutos. Tidak spt mall2 gress lain yg berlomba-lomba mencari tenant. Usut punya usut ternyata sebagian besar tenant Sutos di impor langsung dari Jakarta, tepatnya dari Citos (Cilandak Town Square). Tampak luar, bangunan Sutos bercat warna warni yg sekilas mirip (maaf) Taman Kanak-Kanak Tapi ternyata di dalam tampak ‘wah’, sekilas mirip dengan mall di Jakarta....
Semua tenant yg buka disana juga branded, sebut saja : Giordano, Optik Melawai, Black Canyon, Malay Village, Starbucks, Supermarket Foodmart, Apple Center dan.. eng ing eng.. the first Cinema XXI in Surabaya ! Buat yg suka nyeruput kopi Starbucks -seperti biasa, setiap membuka gerai baru- ada promo buy 1 get 1 bila bertransaksi dengan kartu kredit BCA. Lalu tiket nonton XXI disini ga semahal di Jakarta, karena ‘cuma’ 25K saat wiken dan 15K on weekdays. Sayangnya, di XXI tidak berlaku BCA promo “Pay 1 For 2″ seperti di 21. Surabaya Town Square (Sutos) - Cinema XXI Selain mall, Sutos juga menjadi satu dengan hotel. Tapi saya masih belum banyak tau info ttg hotel ini. Buat yg ingin cuci mata disini, langsung aja menuju jalan Mayjen Sungkono dari arah Kutei atau Adityawarman. Selamat tur de mall Surabaya Town Square - SutosSurabaya Town Square - SutosSurabaya Town Square - Sutos Alamat : Di Jalan Adityawarman No. 55 Kalo dari arah Kutei atau Ciliwung, trus aja ke arah Mayjen, pasti keliatan kok gedungnya warna warni..

Ternyata, SuToS, hanya terdiri dari 2 lantai (sampai saat ini). Dimana lantai 1 adalah letak FoodMart, yaitu pasar swalayan untuk kebutuhan sehari-hari. Melihat dari namanya, sebelumnya saya berpikir ini adalah swalayan yang hanya menjual makanan dan hal-hal yang berhubungan dengan makanan atau minuman. Ternyata, tidak :P FoodMart juga menjual benda-benda lain yang tentunya tidak bisa dimakan :P , seperti perlengkapan mandi, dll. Yang saya lihat dari SuToS adalah konsepnya yang menurut saya agak sedikit beda dengan mall-mall yang sudah ada di Surabaya. Di bagian bawah, lantainya, terdapat lampu-lampu kecil warna biru, yang letak lampunya juga tidak terlalu banyak. Seingat saya pula, penempatan lampu ini juga hanya di lantai 1 saja. di lantai 1 ini pula, terdapat arena bermain anak-anak. Rencananya juga, salah satu gerai Coffee dan Donuts yang juga digemari disini, JCo akan hadir. Salah satu yang cukup diminati pengunjung SuToS malam itu adalah arena bermain ini. Malah anak-anak bisa mencoba alat “bergelantung” yang seingat saya, biasanya cuma ada di tempat-tempat outdoor, untuk kegiatan outbond. Saya lihat saat itu, salah satu anak sedang mencobanya, dengan menggunakan sabuk pengaman, dan dibantu petugas yang ada. Wajah anak tersebut terlihat exciting (ada yang tau padanan kata ini, dalam bahasa indonesia yang tepat? let me know yah… :) ) dan gembira. Sedang orang tuanya yang menunggunya, terlihat sibuk mengabadikan momen tersebut. Selain itu, juga terdapat panggung, yang menurut banner yang dipasang, setiap Jumat malam akan ada musik Jazz (seru nech! :) -meski baru belajar dengerin smoothy jzz :P ). Selain JCo, yang telah buka Coffee Shop lainnya adalah Black Canyon.

Sedangkan di lantai 2, yang sudah buka baru Starbucks, Penang Village. Jadi akhirnya kita masuk ke Starbuck dan memesan Java Chip bla..bla.. dan bla…Machiato (lupa namanya :P )
Selain menu yang kita pesan tadi, kita juga mendapat Free Tester, agak surprise juga, karena selama “berkopi-ria” di Starbucks, baru kali ini berkesempatan dapat Free Tester. Setelah bertanya kepada Barista yang melayani kami, ternyata Free Tester diberikan jika ada outlet yang baru dibuka dan beberapa waktu tertentu sebagai bentuk penyegaran dan menggaet pelanggan-pelanggan baru. Selain dapat Free Tester, kami juga dapat 2 buah kipas gratis. Lumayan untuk harga + Rp. 39.000 untuk 2 gelas kopi, Tester dan Souvenir :)

rencananya di SuToS akan ada gerai-gerai Coffee Shop yang telah mempunyai nama dan cukup disukai di Jakarta. Antara lain : Tator, Bengawan Solo (Salah satu favorit saya, setelah mencobanya pertama kali di Jakarta :) ), mungkin juga Coffee Bean dan Excelso. Kalau rumor ini benar, maka SuToS akan menjadi tempat yang asyik buat penggemar kopi :)

Tidak ketinggalan pula, terdapat bioskop yaitu XXI yang masih bagian dari 21 Cineplex. Ini adalah bioskop XXI pertama di Surabaya. Dari desain yang ada di bioskop ini, termasuk lebih ekslusif jika dibandingkan bioskop 21 biasanya yang ada di Surabaya. Terdapat 6 studio yang disediakan (biasanya, setahu saya maksimal cuma 5 studio di bioskop 21 lain), dengan gagang pintu layaknya tempat meeting hotel-hotel berbintang. Dan petugas penjaganya pun sebagian besar laki-laki, beda dengan bioskop 21 biasanya, yang lebih banyak dijaga oleh petugas kaum hawa. Selain itu, disini juga ada mini cafe, di depan tempat penjualan makanan kecil dan minuman, sehingga menunggu jauh lebih nyaman dan menguntungkan (baik pengunjung dan pemilik usaha :P ). Hanya tidak disediakan tempat bermain games dan tempat duduk lainnya selain di mini cafe tadi. Pengunjung bioskop juga dimanjakan dengan hamparan karpet begitu masuk ke lingkungan bioskop XXI ini, serta kamar mandi yang cukup bersih, wangi dan ekslusif untuk ukuran bioskop. Menurut saya, kemewahan kamar mandi ini mirip kamar mandi yang biasanya ada di Sogo (baca : Mall Elite-kata teman” saya demikian :P ).

Memang, SuToS hanya 2 lantai saja (ini dari kabar yang saya terima dari Inggit juga saya lihat dari bentuk bangunannya :P ), karena di sebelahnya dibangun hotel. Jadi menurut pemikiran saya, SuToS hanya “pelengkap” bagi pelanggan hotel tersebut.

Kesimpulan :
Dengan desain bergaya kastil dan konsep yang berbeda dari mall yang telah ada, Surabaya Town Square, telah memberikan kesegaran tersendiri semenjak Surabaya mulai dipenuhi dengan mall-mall yang banyak dibangun akhir-akhir ini. Serta dengan banyaknya Coffee Shop yang sementara hanya akan hadir di SuToS di Surabaya (jika rumor di atas benar adanya), maka kemungkinan besar, tempat ini akan salah satu acuan utama penikmat kopi di Surabaya.



Tambahan: bila ada yg ingin mendownload game-game hd android bisa mampir di blog saya satunya yg beralamat di www.androgame21.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar