Kamis, 10 Mei 2012

MONKASEL (MONUMEN KAPAL SELAM) SURABAYA

Satu lagi tempat yang layak di kunjungi di kota pahlawan, kemaren-kemaren ane uda posting beberapa tempat wisata di Surabaya yaitu Ekowisata Hutan Mangrove dan Museum Seni Budaya House of Sampoerna [HoS]. kali ini saya mau share tentang wisata Monumen Kapal Selam [Monkasel] yang ada di tepi sungai kalimas Surabaya. dari namanya saja kita pasti uda tahu apa yang ada di sana, yup, sebuah kapal selam. monumen ini bukan sekedar monumen biasa, melainkan sebuah kapal selam asli milik Angkatan Laut Indonesia yang di pensiunkan pada tahun 1990 dan kemudian dirakit ulang menjadi sebuah monumen untuk mengenang perjuangan Angkatan Laut, khususnya perjuangan kapal selam KRI Pasoepati 410 yang telah bertugas puluhan tahun demi menegakkan kedaulatan Republik Indonesia.

Akses menuju Monkasel [Monumen Kapal Selam] cukup mudah, jika naik kereta dan turun di Stasiun Gubeng kita tinggal jalan kaki, Monkasel terletak sekitar 100 m dari pintu belakang Stasiun Gubeng. jika naik bus turun di terminal Bungurasih, setelah itu naik bus kota jurusan Gubeng-THR.
tiket masuk Monkasel cukup murah yaitu Rp 2.500 / orang, pertama kita bisa masuk kedalam kapal selam KRI Pasoepati 410. di dalam kapal selam ini ada seorang tour guide yang akan menjelaskan fungsi-fungsi kapal selam beserta sejarah kapal selam tersebut.. KRI Pasoepati 410 memiliki 7 ruangan, ruang komandan (tempat tidur, dan ruang kerja), ruang awak kapal (tempat tidur, dapur, dan ruang makan), ruang mesin diesel, ruang torpedo depan, ruang torpedo belakang, ruang komando (pusat komando), dan ruang mesin listrik. pemandu akan membawa kita menjelajahi tiap ruangan dan menjelaskan fungsi-fungsi mesin kapal selam serta sejarah seputar kapal selam KRI Pasoepati 410. setelah puas menjelajah kapal selam KRI Pasoepati 410 kita bisa melanjutkan menuju Video Rama (sebuah bioskop mini) dan menonton film sinematik seputar sejarah Angkatan Laut Indonesia dan partisipasi KRI Pasoepati 410 dalam operasi-operasi militer Angkatan Laut Indonesia.
di dalam kapal selam KRI Pasoepati 410
setelah selesai menonton film sejarah kita bisa nongkrong di Cafe sambil menikmati live music, atau bercengkerama di tepi kalimas.. kalau malam hari suasananya akan sangat nyaman, nongkrong di tepi kalimas sambil menikmati pemandangan lampu-lampu kota. pertama kali saya masuk Monkasel pada malam hari, dan yang kedua saya kesana pada siang hari. saat masuk Monkasel siang hari saya tidak terlalu bisa menikmati wisata sejarah ini, selain panas saya juga tidak mendapatkan view yang terlalu bagus dari tepi kalimas.
fasilitas lain yang ada di Monkasel [Monumen Kapal Selam] adalah kolam renang anak-anak, dan sebuah panggung pertunjukan untuk event-event tertentu.
anyway, Monumen Kapal Selam [Monkasel] cukup menarik dikunjungi jika anda sedang traveling ke Surabaya. Wisata sejarah ini bisa menambah wawasan kita seputar sejarah Angkatan Laut Indonesia dan KRI Pasoepati 410.





Tambahan: bila ada yg ingin mendownload game-game hd android bisa mampir di blog saya satunya yg beralamat di www.androgame21.blogspot.com



SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar