Rabu, 23 Mei 2012

GEDUNG CAK DURASIM SURABAYA



Gedung ini sering digunakan sebagai perormance seni dan budaya, baik untuk melibatkan potensi Surabaya atau Jawa Timur. Nama Cak Durasim diambil dari aktor ludruk, Cak Durasim mendirikan Ludruk dalam penjajahan Jepang di Indonesia. Keberanian-Nya menciptakan syair yang menggambarkan keindahan alam dari juli kidungan jula tertarik squired dia sebagai tawanan Jepang pada tahun 1933.

Pada saat itu, Cak Durasim dilakukan di desa Mojorejo, Jombang, dan menyanyikan lagu Jawa enttitled Begupon omahe Doro dan batak melu Nippon Tambah. Cak Durasim perjuangan melawan penjajah diwujudkan melalui kidungan merupakan kekuatan budaya. Melalui budaya, semua pihak bisa meringkuk untuk dibuka hati nurani, sehingga melihat kebenaran bijaksana dengan bunga.


Karena tindakan itu, nama Cak Durasim itu kemudian digunakan sebagai Gedung Taman Budaya Jawa Timur yang berada di Kota Surabaya. Sebagai tempat pameran seni rakyat, (Ludruk, Wayang Kulit), Dalang (pemain wayang kulit). Selain itu nama dari Cak Durasim pun dijadikan sebuah event yakni Festival Cak Durasim (FCD) yang merupakan sebuah festival seni untuk melestarikan budaya Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya yang diadakan di Gedung Cak Durasim Surabaya disetiap tahunnya.

Selain itu ada juga Festival Seni Surabaya (FSS) yang mengangkat segala macam bentuk kesenian misalnya teater, tari, musik, seminar sastra, pameran lukisan. pengisi acara biasanya selain dari kelompok seni di surabaya juga berasal dari luar surabaya. diramaikan pula pemutaran film layar tancap, pameran kaos oblong dan lain sebagainya, yang diadakan setiap satu tahun sekali di bulan juni bertempat di Balai Pemuda.

Genteng Cak Durasim (Taman Budaya) Jl. Genteng Kali, Bubutan Surabaya Pusat Telp. 031 5345108



Tambahan: bila ada yg ingin mendownload game-game hd android bisa mampir di blog saya satunya yg beralamat di www.androgame21.blogspot.com

sumber

Published with Blogger-droid v2.0.4

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar